PENDAHULUAN
Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai
gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen system komputer. Walaupun
elemen- elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya
computer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan
cara penggunaan komputer yang berbeda.
Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer Ada
sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan
paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware
dan software.
1.
Tingkatan Dasar
Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan
komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer”
software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya
dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau
menyediakan operasi yang diperlukan software.
Tingkatan dasar arsitektur computer :
1.
Software level
2.
Hardware level
1.
Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian
dikembangkan dengan memandang system computer keseluruhan sebagai “multilayered
machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer
hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :
SOFTWARE LEVEL
|
Applications Layer
Higher Order Software Layer
Operating System Layer
|
HARDWARE LEVEL
|
Machine Layer
Microprogrammed Layer
Digital Logic Layer
Physical Device Layer
|
1.
Physical Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik
yang sangat penting
1.
Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat
menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner
sederhana.
1.
Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin
dari layer mesin dan secara langsung menyebabkan elemen logika digital
menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner
yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol
primitifnya sendiri yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program
ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
1.
Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana
program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat
diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
1.
Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua
software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga
menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan
fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut
secara lebih mudah.
1.
Higher Order Software
Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain
bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka
dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan
pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin
mereka sendiri.
1.
Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat
oleh end-user.
TEORI DAN ANALISIS
1.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Atribut-atribut komputer yang bias dilihat dan
dijangkau oleh programmer.
Contoh nyata: set instruksi, mekanisme input-output,
metode pengalamatan
Misal: Apakah komputer tersebut memiliki
instruksi untuk melakukan perkalian. Intel 8086 dan Pentium Dual Core sama2
bisa melakukan perkalian
1.
Peralatan input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat
memasukan data dan perintahkepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input
juga dibagi dua yaituinput sinyal , dan maintenance
Berikut peralatan input:
1.
KEYBOARD
Keyboard adalah papan ketik yang berfungsi
sebagai media interaksi antarauser dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang
terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol- simbol khusus
lainnya padakomputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari
atau papan tuts.
1.
Bar Code
Bar code adalah suatu peralatan input yang
didesain untuk tujuan yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data
numerik yang dibentuk oleh serangkaian bar (garis). Garis- garis tersebut
memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh
light-pen atau peralatan scanner.
1.
Scanner
Scanner banyak digunakan untuk memindai gambar
, tulisan , atau objek benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah
komputer . scanner akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya
kualitasscanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkannya.
1.
Joystick
Joystick merupakan alat masukan berupa
tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis,dan mengubah gerakan tersebut
menjadi data untuk diolah oleh komputer.Joystick berfungsi sebagai penggerak
penunjuk dan biasa digunakan untuk bermain game.
1.
Mouse
Mouse merupakan penunjuk (pointer)yang dapat
digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecilyang terdapat dalam
mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh
pemakainya. Mouse berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursosr secara cepat
serta mengatur posisi kursor di layar .
1.
Dll.
1.
Peralatan output
Peralatan Output Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan
data. Keluaran dapat berupahard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat
digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus),
image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat
dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output
yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir
biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
·
Hard-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras
seperti kertas atau film.
·
Soft-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak
yang berupa sinyal elektronik.
·
Drive device atau
driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya
dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.
Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Contoh dari perangkat Output :
1. Printer
2. Monitor
3. Infokus
1.
SOFTWARE
Pengertian dari software adalah sebuah
perangkat yang menghubungkan suatu computer dengan pengguna atau bias dikatakan
sebagai perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mengkontrol perangkat
keras atau bisa juga digunakan untuk menghasilkan data informasi.
Software banyak kegunaanya missal untuk
mengontrol hardware, memproses data, menganalisa data, menghasilkan data,
banyak kegunaanya tergantung tipe software untuk tujuan apa dari sang
pembuatnya.
Jenis-jenis Software Komputer dan Fungsinya
·
Adobe Photoshop =
untuk editing gambar/foto atau untuk mendisain website
·
CorelDraw = untuk
mendisain gambar
·
Picasa = untuk editing
foto
·
Macromedia Flash =
untuk membuat gambar animasi
·
Dreamweaver = untuk
membuat website/ blog
·
Adobe Reader = untuk
membaca ebook digital berformat Pdf
·
Photoscape = untuk
pengeditan foto
·
Noiseware Professional
= untuk membersihkan noise pada foto
·
Mozilla Firefox =
untuk browser internet
·
Google Crome = untuk
browser internet
·
Cool Edit Pro = untuk
ngedit lagu atau untuk memotong dan menggabungkan lagu
·
Eset Nod32 = software
anti virus terbaik
·
Microsof Office Word =
untuk pengetikan data
·
Microsof Office Excel
= untuk pengetikan dan membuat table
·
Microsoft Power Point
= untuk membuat karya tulis
·
Dll.
1.
System operasi
Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris:
operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk
melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar
sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah
kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software
pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori computer pada saat komputer
dinyalakan. Sedangkan software- software lainnya dijalankan setelah Sistem
Operasiberjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk
software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk,
manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing
software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena
dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan
tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem
Operasi.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari
beberapa bagian :
1.
Mekanisme Boot, yaitu
meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti
dari Sistem Operasi.
2.
Command Interpreter
atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa
fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program
maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada
Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
3.
Driver untuk
berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
4.
Resource Allocator.
Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
5.
Handler. Handler
berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan
(error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
Sekarang kita akan menilik sejarah dan
perkembangan Sistem Operasi. Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami
perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 generasi.
·
Generasi Awal
Perkembangan awal Sistem Operasi masih
dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang
secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan
dalam 1 rangkaian.
·
Generasi Kedua
Di generasi ini sudah diperkenalkannya
perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan
Batch Proccessing System.
·
Generasi Ketiga
Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah
mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System
(Multi-Task).
·
Generasi Keempat
Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI
(Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan
dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau
piranti lunak.
·
Generasi Selanjutnya
Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem
Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah
Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi.
Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada
perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi
selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya
virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada
Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross
Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi
berbeda seperti : Linux dan Windows.
Dewasa ini, hampir seluruh manusia memiliki PC
dan Mobile PC. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan
manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia menjadikan PC
sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat
ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa
digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak
adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki
Sistem Operasi layaknya PC. Dan sekarang saatnya kita bahas Sistem Operasi yang
ada di PC.
1.
WINDOWS (MICROSOFT
WINDOWS)
Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan
sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft
Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User
Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.
1.
UNIX
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan
oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs.
UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan
Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan
Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan
UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan
oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.
1.
LINUX
Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang
pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server
UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian
UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU.
Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux
menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses,
jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun
dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line
Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User
Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.
1.
IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara
bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft
Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi
DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini
didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286
, termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu
menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap
mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar
saat itu,
1.
MAC OS (MACINTOSH
OPERATING SYSTEM)
MAC OS atau Macintosh Operating System adalah
Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh
dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem
Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User
Interface/GUI). Sistem Operasi
Macintosh dibagi menjadi 2 jenis :
1.
MAC OS Klasik Tidak
memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface
(UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking
2.
MAC OS X memasukkan
unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan
Pre-Emptive Multitasking.
Kelebihan MAC OS :
1.Stabil, karena menggunakan UNIX.
2.Multitasking.
3.Tampilan (UI) sangat bagus.
4.Aman dari Malware.
MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi
yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc ,dan penerus dari MAC OS
(Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix
tersedia dari antarmuka baris perintah.
1. Aplikasi
Macam – macam aplikasi :
1.
Breeze Systems
NKRemote 2.6
NKRemote solusi perangkat lunak yang
profesional untuk jauh mengendalikan Anda Nikon D90, Nikon D300, Nikon D700,
Nikon D3 atau Nikon D200 SLR digital dari PC Windows menggunakan kabel USB.
Setelah umpan balik pengguna dan pengujian dan pengembangan yang berkelanjutan
D90 jauh dan D300 jauh kini telah digabung menjadi satu produk yang dapat
mengontrol Nikon D90, Nikon D300, Nikon D700, Nikon D3 atau kamera Nikon D200.
Produk gabungan yang sekarang dikenal sebagai NKRemote.
1.
BusinessCards MX 4.88
Program ini akan membantu untuk merancang dan
mencetak kartu bisnis profesional. Antarmuka dari program ini telah dirancang
sedemikian rupa sehingga bahkan pengguna awal tidak akan memiliki masalah
dengan menggunakan program. Proses perancangan didasarkan pada memasukkan siap
untuk digunakan elemen diakses dalam program seperti angka, gambar dan latar
belakang, dan bebas menggeser mereka pada proyek disiapkan. Keuntungan lain
dari program ini adalah kemungkinan menyimpan data tentang perusahaan atau
orang sehingga dapat digunakan kemudian saat merancang kartu nama. Program ini
menggunakan template yang bisa Anda siapkan sendiri, atau Anda dapat
menggunakan model siap, template kartu nama diakses di dalamnya. Ada 400 contoh
template kartu nama dalam program ini.
1.
Cockos REAPER 4.51
Reaper adalah kuat tapi masuk akal aplikasi
Windows yang memungkinkan Anda merekam , mengatur , mengedit , dan membuat
suara gelombang multi-track . Ini menyediakan serangkaian luas fitur , tetapi
adalah sebuah aplikasi yang sangat kecil dan ringan ( installer kurang dari 1
megabyte , dan menyertakan banyak efek dan proyek sampel ) . Reaper mendukung
ASIO , Kernel Streaming , WaveOut , dan DirectSound untuk pemutaran dan
perekaman . Bunyinya WAV , OGG , dan file MP3 , dan catatan file WAV . Anda
dapat mengatur sejumlah item di sejumlah trek dan menggunakan pemrosesan audio
plug-in (DirectX dan Jesusonic ) . Reaper juga mendukung volume, pan control
dan amplop per track , multi-layer undo / redo , dan user tema creatable warna.
1.
Mojosoft Photo Frame
Studio 2.91
Program Bingkai Foto Studio telah dirancang
untuk mengedit dan menghias photographies digital. Berkat program setiap gambar
akan terlihat berbeda dan operasi program kami akan menjadi kesenangan nyata
bagi Anda. Kami menawarkan lebih dari 100 ratus frame dan apa yang lebih,
setiap satu dari mereka dapat dimodifikasi oleh pilihan yang terkandung dalam
program kami. The inerface dari program ini adalah user-friendly dan telah
dirancang sedemikian rupa sehingga everyone dapat beroperasi tanpa masalah.
Anda bisa menghias gambar Anda menggunakan beberapa instruksi dengan cara
menambahkan sebuah frame, masker, latar belakang, warna atau teks. Menggunakan
semua fungsi dan efek dan mempertimbangkan fakta bahwa kita dapat menggunakan
semua opsi secara bersamaan termasuk perubahan warna setiap lapisan, perubahan
saturasi dan kontras, Anda dapat diragukan lagi mengklaim bahwa setiap gambar
akan berbeda. Anda juga dapat merancang komposisi Anda sendiri.
1.
PERANAN PERALATAN
INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Beberapa alat input memiliki fungsi ganda,
yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output untuk menghasilkan data.
Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input dibagi ke dalam
dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila terminal
dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat
komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau
Remote Batch terminal.
Alat input langsung memungkinkan input
diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu
dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri
dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice
recognizer.
Alat input tidak langsung , dimana data yang
dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke
suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer
dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari:
key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
Penyimpanan primer (primary storage)
Penyimpanan primer ada dalam beberapa bentuk
yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan. Ukuran dari
penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga
Byte(GB).
Bentuk-bentuk penyimpanan primer:
1.
RAM (random access
memory), adalah memori yang dapat diakses yaitu memori yang dapat diisi dan
diambil isinya. RAM bersifat volatile karena isinya akan hilang bilang listrik
padam.
2.
ROM (read only memory)
adalah memori yang hanya dapat dibaca dan bersifat non volatile yaitu isi dari
ROM tidak akan hilang jika listrik padam. ROM berisikan intruksi dan data yang
memberitahukan komputer apa yang akan dilakukan pada saat komputer dinyalakan.
3.
Cache Memory merupakan
RAM khusus yang diletakkan antara processor. Cache memory akan dibaca terlebih
dahulu oleh processor sebelum mencari intruksi atau data di RAM biasa.
Unit Output
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat
digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk
yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output
yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat
digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer
yang lain.
Alat output dapat berbentuk :
1.
Hard copy, alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan symbol serta image
pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya Printer,
Plotter, COM (Computer Output Microform)
2.
Soft copy, alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada media soft (lunak) yang berupa
sinyal elektronik. Misalnya video display, flat planel display, speaker.
Software
Perangkat lunak (software) adalah satu atau
kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem
dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas
dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat
keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh
perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak. Ada 3 jenis
dasar perangkat lunak sistem: sistem operasi, penterjemah bahasa dan program
utility. Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai
menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus.
Database
Era Database Sebelum era database ditandai
dengan Sumber data dikumpulkan dalam file-file yang tidak terhubung satu dengan
lainnya Setiap aplikasi memiliki/merancang file data sendiri Memiliki
kelemahan: duplikasi data, ketergantungan data, kepemilikan data tersebar Untuk
memecahkan masalah di atas dilakukan dengan cara pengorganisasian data secara
fisik dan mengarah ke organisasi logis. Organisasi fisik (logical
organization), mengintegrasikan data dari beberapa lokasi fisik yang berbeda
dan merupakan cara pemakai melihat data.
Organisasi fisik (physical organization),
merupakan cara komputer melihat data sebagai file-file yang terpisah. Konsep
database Merupakan integrasi logis dari catatan-catatan dalam banyak file.
Database adalah suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan
dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.
Tujuan utama dari konsep database:
·
Meminimumkan
pengulangan data
·
Independensi data
·
Inkonsistensi data
·
Pemakaian bersama
Hirarki data :
·
Field
·
Record
·
File
·
Database
Struktur database Penekanan pada kegiatan
pengolahan data adalah pada kemampuan untuk mengakses data dengan cepat serta
efisien dalam penggunaan secondary storage. Struktur data berjenjang
(hierarchical data structure) Hubungan antara data membentuk suatu jenjang
seperti pohon. Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang
berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas atau level 1 disebut
dengan root . tiap node dapat bercabang ke node lain. Satu node hanya mempunyai
satu orang tua.
1.
Struktur data jaringan
(network data structure)Hubungan data sama dengan struktur hirarki, tetapi
untuk setiap node bisa mempunyai lebih dari satu orang tua.
2.
Struktur data hubungan
(relational data structure)Data disusun dalam bentuk tabel dua dimensi yang
terdiri dari kolom (field) dan baris (record). Hubungan antara record
didasarkan pada nilai dari field kunci bukan berdasarkan alamat atau pointer di
dalam record seperti pada strutur pohon dan jaringan.
Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu
peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output
Device dan External memory.
1.
Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan
yang berfungsi untuk memasukkan data ke- dalam komputer. Jenis input device
yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti :
1.
Keyboard
Alat penunjuk ( mouse, touch-screen monitor,
Light Pen, Unit Remote Control) Alat input otomatisasi data sumber ( Scanner,
MICR, EFT) Alat input pengenal suara (microphone) Alat input pengenal gambar
(camera) Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai
salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak
manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia)
melalui mata.
1.
Central Processing
Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali
dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai
otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat
untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan engolahan data diantaranya:
mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan
maupun membandingkan.
Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi
:
·
Internal Memory/Main
Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. ALU (Arithmatic Logical
Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. Control Unit, bertugas
untuk mengatur seluruh operasi computer CPU juga disebut sebagai
microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas
pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk
Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari
bit- nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan
bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit
instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali
lebih cepat dari yang 8 bit.
Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja
microprocessor adalah frekwensi kerja komputer.
·
Ada CPU yang mempunyai
frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan
lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula
kecepatan memprosesnya.
·
Microprocesor 8 bit
adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz.
Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi
antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua
jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz
hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686
·
Microprocessor 586
dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak
perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah
112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari
generasi 486.
1.
Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan
yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Jenis output device yang dimiliki oleh
komputer cukup banyak, seperti :
·
Alat output tampilan (
layar monitor, LCD proyektor)
·
Alat output cetakan
(printer)
·
Alat output suara
(speaker device)
Microform Alat output grafik (printer,
plotter, layar tampilan) Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa
dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu
media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis
bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya. Dalam sebuah perusahaan baik staf
maupun manager sering tampak menggunakan keyboard dan layar tampilan dan
mungkin printer dan plotter dalam memecahkan masalah.
Alat input dan output ini menyediakan hubungan
komunikasi antara pengguna (user) dengan computer dan karenanya berperan
langsung pada pemcahan masalah. Ada pula alat pada computer yang tidak secara
langsung berperan dalam pemecahan masalah, contohnya seorang manager meminta
stafnya untuk mengumpulkan informasi dari laporan-laporandalam bentuk microfilm
dan menyajikan ringkasannya dalam bentuk grafik. Jadi bisa disimpulkan bahwa
semua alat input maupun output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik
secara langsung maupun tidak langsung
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar